Manfaat Vitamin E 400 IU

Manfaat Vitamin E 400 IU – Vitamin E dapat digunakan sebagai antioksidan, senyawa ini banyak ditemukan dalam makanan nabati yang kaya akan lemak (terutama tak jenuh) seperti : minyak sayur, kacang-kacangan, sereal, sayuran, margarin dan minyak sayur. Senyawa vitamin E yang paling aktif dalam tubuh dalam bentuk α-tokoferol.

Apa itu Vitamin E?

Vitamin E adalah nutrien yang larut dalam lemak yang mempunyai 2 isomer : tokoferol dan tokotrienol. Tokoferol mempunyai ciri adanya phytil dalam rantai sampingnya, sedangkan tokotrienol memiliki rantai samping yang sama dengan dengan tokoferol hanya saja terdapat ikatan rangkap pada posisi 3, 7 dan 11. Keduanya memiliki 4 isomer yaitu : α, β, δ dan γ yang didasarkan pada jumlah dan posisi ikatan rangkap.

Fungsi terpenting tentang vitamin E adalah terkait aktivitasnya sebagai antioksidan. Karena senyawa ini membantu melindungi sel terhadap kerusakan oksidatif dengan menetralkan radikal bebas, melindungi membran sel di seluruh tubuh dari oksidasi, sistem saraf, seperti sel kulit,sistem kardiovaskular atau sistem otot.

Vitamin E juga dapat mengurangi gejala penuaan, berkontribusi substansial untuk meningkatkan penampilan kulit, menormalkan fungsi organ, pengaturan fungsi sistem kekebalan dan pemeliharaan integritas sel. Selain itu, vitamin E terlibat dalam proses pembekuan darah, merangsang sistem kekebalan tubuh dan kehadirannya diperlukan untuk fungsi normal retina dan kesuburan.

Manfaat Vitamin E 400 IU Untuk Kesehatan

Manfaat Vitamin E 400 IU
Manfaat Vitamin E 400 IU

Mencegah Penuaan

Proses utama penuaan kulit adalah adanya stres oksidatif yang mengakibatkan rusaknya sel-sel epidermis dan dermis yang mengakibatkan pada degenerasi kulit. Sel menghasilkan kelebihan radikal bebas sebagai akibat dari stres.

Radikal bebas mengoksidasi sel-sel dan menyebabkan kerusakan yang mempengaruhi jaringan kulit. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang menggunakan elektron dan molekul lain untuk menstabilkan diri. Kemudian terjadi reaksi berantai yang mengarah pada penuaan sel. Radikal adalah molekul reaktif yang mampu merusak struktur sel, termasuk lipid dan protein, mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan dalam tubuh.

Faktor lingkungan disekitar kita seperti polusi, radiasi matahari, asap rokok menghasilkan radikal bebas di kulit yang dapat merusak dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda. Protein (kolagen, elastin), lipid membran sel dan DNA dapat rusak, menyebabkan perubahan yang dapat berkisar dari penuaan hingga timbulnya penyakit.

Menghindari stres oksidatif yang merupakan salah satu penyebab penuaan adalah peran mendasar vitamin E. Karena fungsinya sebagai antioksidan anti anti radikal bebas, vitamin E membantu melindungi tubuh dari kontaminasi lingkungan.

Radiasi matahari, khususnya radiasi sinar UVA (mampu menembus dan mempengaruhi sel kulit lebih dalam) memegang peranan yang sangat penting dalam proses penuaan, karena mampu menginduksi pembentukan radikal bebas.

Vitamin E membantu melindungi kulit dari sinar matahari, di antara banyak manfaat lainnya. Selain itu, ia memiliki kemampuan untuk membantu mencegah eritema matahari (mengurangi proses inflamasi dan meningkatkan permeabilitas pembuluh darah), serta pembentukan bintik-bintik kulit.

Sebagai Antioksidan

Sifat antioksidan dan pelembab vitamin E pada kulit membantu memperbaiki penampilan kulit, melindungi dari pembentukan kerutan dan kekeringan, diindikasikan untuk mencegah penuaan kulit.

  • Sistem kekebalan: memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat, peran ini terkait dengan stres oksidatif. Ketika infeksi atau proses inflamasi terjadi, tubuh kita menghasilkan sejumlah besar radikal bebas untuk mempertahankan diri terhadap agen penyerang. Antioksidan diperlukan untuk mengatur reaksi ini dan mencegah kerusakan sel-sel.
  • Sistem saraf: vitamin E sangat penting dalam menjaga integritas dan stabilitas membran neuron.
  • Membantu mempertahankan penglihatan normal: kehilangan penglihatan yang terkait dengan bertambahnya usia juga disebabkan dengan stres oksidatif. Gangguan penglihatan yang mempengaruhi orang tua dapat dicegah dengan diet kaya vitamin antioksidan. Selain itu, tampaknya vitamin E menunda pembentukan katarak.
  • Sistem kardiovaskular: membantu mencegah pembentukan trombus.
  • Penyembuhan: vitamin E penting dalam pembentukan serat elastis dan kolagen dari jaringan ikat. Mempromosikan penyembuhan.
  • Kesuburan dan sistem reproduksi : membantu menjaga kesuburan.

Baca Juga : Nama Lain Vitamin C Dalam Skincare

Komposisi Vitamin E 400 IU

Komposisi per kapsul

  • 400 IU Vitamin E (D-alpha-tocopherol) (Setara dengan 268 mg D-alpha-tocopherol).

Bahan

  • Vitamin E Alami (67% D-alpha-tocopherol), cangkang kapsul gelatin, minyak kedelai, penstabil gliserin.

Cara Penggunaan

  • Minum 1 kapsul setiap hari, sebaiknya setelah makan.

Presentasi

  • Paket 120 Kapsul.

Suplemen makanan tidak boleh digunakan sebagai pengganti makanan yang bervariasi dan seimbang. Jangan melebihi dosis harian yang direkomendasikan oleh dokter. Jauhkan dari jangkauan anak kecil.

Informasi yang terdapat di situs web kami bersifat informatif dan tidak dapat dianggap sebagai pengganti resep, diagnosis, atau perawatan medis. Hasil suplemen nutrisi dapat bervariasi tergantung pada orangnya, dan waktu untuk mendapatkan manfaat yang ditunjukkan akan tergantung pada setiap kasus.

Demikian artikel tentang Manfaat Vitamin E 400 IU semoga menambah informasi dan pengetahuan bagi pembaca sekalian.

Baca Juga : Batas Vitamin C Sehari Yang Perlu Anda Tahu

Tinggalkan komentar