Efek Samping Vitamin B Complex dan Manfaatnya

Efek Samping Vitamin B Complex – Tidak bisa dipungkiri bahwa Vitamin B Complex sangat bermanfaat bagi tubuh karena vitamin ini merupakan kombinasi dari beberapa vitamin. Artikel dibawah ini akan menjelaskan semuanya untuk Anda

Pengertian Vitamin B Complex

Suplemen B-kompleks merupakan kombinasi vitamin yang mengandung delapan vitamin B dalam satu pil. Vitamin B umumnya larut dalam air, dan memiliki banyak fungsi penting dan vital untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan Vitamin B Complex

Vitamin B Complex umumnya mengandung komposisi sebagai berikut:

  • Vitamin B1 (tiamin). Tiamin memiliki peran penting dalam metabolisme tubuh yang membantu mengubah nutrisi menjadi energi. Sumber makanan yang banyak mengandung tiamin adalah biji bunga matahari, gandum dan daging babi.
  • Vitamin B2 (riboflavin). Riboflavin merupakan senyawa yang akan mengubah makanan menjadi energi, selain itu juga bertindak sebagai antioksidan. Makanan yang kaya akan kandungan riboflavin termasuk jamur dan jeroan.
  • Vitamin B3 (niasin). Niasin berperan dalam metabolisme, sebagai sumber produksi dan perbaikan DNA. Sumbernya adalah tuna, ayam, dan lentil.
  • Vitamin B5 (asam pantotenat). asam pantotenat dapat membantu tubuh memperoleh energi dari makanan dan juga terlibat dalam produksi hormon maupun kolesterol. Sumbernya terdapat pada hati, alpukat, ikan, dan yogurt.
  • Vitamin B6 (piridoksin). Piridoksin membntu dalam metabolisme asam amino, produksi neurotransmiter, produksi sel darah merah. Makanan yang banyak mengandung vitamin jenis ini adalah ini adalah kentang, buncis, dan salmon.
  • Vitamin B7 (biotin). Biotin sangat penting untuk metabolisme karbohidrat dan lemak. Sumbernya dari salmon, ragi, keju, telur dan hati.
  • Vitamin B9 (folat). Folat diperlukan metabolisme asam amino, untuk pertumbuhan sel, pembentukan sel darah merah dan putih, dan membantu pembelahan sel. Dapat ditemukan dalam makanan seperti sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, hati, atau dalam suplemen seperti asam folat.
  • Vitamin B12 (kobalamin). Yang paling terkenal dari semua vitamin B adalah vitamin B12 sangat penting untuk fungsi neurologis, perkembangan sel darah merah, dan produksi DNA. Vitamin B12 banyak ditemukan secara alami dalam sumber hewani seperti daging, kerang, telur, dan susu.

Meskipun vitamin ini memiliki beberapa karakteristik, mereka semua memiliki fungsi yang unik dan dibutuhkan dalam jumlah yang berbeda.

Baca Juga : Batas Vitamin C Sehari Yang Perlu Anda Tahu

Siapa Yang harus mengonsumsi Vitamin B Complex?

Karena vitamin B ditemukan dalam banyak makanan, kemungkinan besar Anda tidak berisiko mengalami defisiensi atau kekurangan selama Anda makan makanan yang teratur dan seimbang. Namun dalam keadaan tertentu untuk meningkatkan kebutuhan vitamin B, seseorang perlu mengkonsumsi suplemen ini.

Wanita Hamil atau Menyusui

Selama proses kehamilan dibutuhkan vitamin B, terutama B12 dan folat untuk membantu perkembangan janin. Untuk wanita hamil atau menyusui, terutama yang mengikuti diet vegetarian atau vegan, suplementasi dengan Vitamin B Complex sangat penting.

Kekurangan B12 atau folat pada wanita hamil atau menyusui dapat menyebabkan kerusakan neurologis yang serius atau cacat lahir pada janin atau bayi.

Orang Tua

Seiring bertambahnya usia, kemampuan seseorang untuk menyerap vitamin B12 menurun dan nafsu makan berkurang, sehingga sulit bagi sebagian orang untuk mendapatkan cukup vitamin B12 melalui diet saja.

Kemampuan tubuh untuk melepaskan vitamin B12 dari makanan sehingga dapat diserap tergantung pada jumlah asam lambung yang cukup. Namun, diperkirakan antara 10 persen dan 30 persen orang di atas usia 50 tahun tidak menghasilkan cukup asam lambung untuk menyerap vitamin B12 dengan baik.

Pada orang tua, kekurangan vitamin B12 telah dikaitkan dengan peningkatan tingkat depresi dan gangguan mood. Kekurangan vitamin B6 dan asam folat juga umum terjadi pada orang yang lebih tua.

Pengidap Penyakit Tertentu

Bagi seseorang yang memiliki kondisi medis tertentu, seperti penyakit kanker, celiac, alkoholisme, penyakit Crohn, hipotiroidisme, dan anoreksia lebih rentan mengalami defisiensi nutrisi termasuk vitamin B.

Atau orang yang pernah menjalani operasi penurunan berat badan (Weigh Loss) tertentu juga cenderung kekurangan vitamin B. Dalam keadaan ini, untuk mencegah kekurangan vitamin, pasien sering disarankan untuk melengkapi dengan Vitamin B Complex.

Vegetarian dan Vegan

Vitamin B12 ditemukan secara alami dalam produk hewani seperti daging, susu, telur, dan kerang. Vegan dan vegetarian ketat mungkin berisiko mengalami defisiensi B12 jika mereka tidak mendapatkan cukup vitamin ini melalui makanan atau suplemen yang diperkaya.

Orang yang Minum Obat Tertentu

Obat yang sering diresepkan dapat menyebabkan kekurangan vitamin B. Misalnya untuk penghambat pompa proton, seseorang minum obat yang dapat mengurangi asam lambung, dapat menurunkan penyerapan B12, Obat diabetes metformin dapat menurunkan kadar B12 dan asam folat. Atau Pil KB juga dapat menurunkan beberapa vitamin B, termasuk B6, B12, asam folat, dan riboflavin.

Baca Juga : Harga Cek Lab Vitamin D Pada Tahun 2022

Manfaat Vitamin B Complex

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen B kompleks dapat membantu kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh, bahkan untuk orang yang tidak terlalu membutuhkan nutrisi ini. Sementara kondisi tertentu mengharuskan beberapa orang untuk mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks.

Dapat mengurangi gejala kecemasan atau depresi

Suplemen vitamin B-kompleks bukanlah obat untuk mengatasi semua masalah kesehatan mental, tetapi vitamin ini dapat membantu memperbaiki gejala depresi atau kecemasan.

Dapat mengurangi gejala stres dan meningkatkan mood

Vitamin B dapat digunakan untuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan mood. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin B dapat meningkatkan mood Anda dan meningkatkan kinerja kognitif Anda.

Sebuah studi 33 hari pada 215 pria sehat menemukan bahwa pengobatan dengan suplemen Vitamin B Complex dan mineral dosis tinggi meningkatkan kesehatan mental dan stres secara keseluruhan, dan meningkatkan kinerja pada tes kognitif.

Studi lain pada orang dewasa muda menunjukkan bahwa menambahkan multivitamin yang mengandung Vitamin B Complex tingkat tinggi selama 90 hari mengurangi stres dan kelelahan mental. Ketika diberikan dalam kombinasi dengan obat antidepresan, vitamin B juga dapat meningkatkan respons terhadap pengobatan.

Satu studi ditemukan bahwa merawat pasien dengan vitamin yang mengandung B12, B6, dan asam folat menghasilkan respons antidepresan yang lebih baik.

Ingatlah bahwa kadar vitamin B tertentu dalam darah yang rendah, termasuk B12, B6, dan asam folat, telah dikaitkan dengan peningkatan risiko depresi, jadi penting untuk mengesampingkan kekurangan nutrisi jika Anda memiliki gejala depresi.

Efek Samping Vitamin B Complex

Ada efek samping tertentu yang mungkin terjadi setelah minum obat ini, seperti sakit perut ringan atau flushing. Efek ini biasanya bersifat sementara dan dapat hilang saat tubuh Anda menyesuaikan diri dengan produk ini. Jika salah satu dari efek ini bertahan atau memburuk, segera hubungi dokter segera.

Jarang sekali reaksi alergi yang sangat serius akibat mengkonsumsi obat ini. Namun, segera cari pertolongan medis jika Anda melihat gejala reaksi alergi yang serius seperti: bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), ruam, gatal , pusing, kesulitan bernapas.

Efek Samping Vitamin B Complex
Efek Samping Vitamin B Complex

Tindakan Pencegahan Terkait Vitamin B Complex

Sebelum mengambil produk ini, beri tahu dokter jika ada alergi terhadap salah satu bahannya, atau jika Anda memiliki alergi lain. Produk ini mungkin mengandung bahan yang tidak aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain.

Jika Anda memiliki salah satu dari kondisi kesehatan berikut, konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda sebelum menggunakan produk ini: masalah hati, diabetes, vitamin B12 (anemia pernisiosa). Tablet kunyah atau produk cair mungkin mengandung aspartam.

Jika Anda memiliki fenilketonuria (PKU) atau kondisi lain yang mengharuskan Anda membatasi asupan aspartam (atau fenilalanin), konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda tentang penggunaan obat ini dengan aman.

Bentuk cair dari produk ini mungkin mengandung gula dan/atau alkohol. Apabila Anda memiliki penyakit diabetes, penyakit hati atau ketergantungan alkohol harus konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Beritahu dokter Anda jika Anda sedang hamil sebelum menggunakan obat ini.

Selama kehamilan dan menyusui tidak dianjurkan untuk menggunakan obat ini tanpa saran dari dokter Anda. Demikian artikel tentang Efek Samping Vitamin B Complex semoga bermanfaat bagi anda.

Baca Juga : Manfaat Atomy Vitamin C Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Tinggalkan komentar